Apa Itu Idiom Dalam Bahasa Inggris? | Pengertian Beserta 5 Idiom dengan Maknanya

AnakInggris – Kamu mungkin pernah mendengar kata idiom, apalagi kalo kamu lagi belajar banyak hal tentang bahasa Inggris. Yup! Memang idiom seringkali digunain di dalam percakapan atau lainnya. 

Idiom juga terdapat di dalam bahasa Indonesia, contohnya panjang tangan, banting tulang dan sebagainya. Panjang tangan sendiri berarti suka mencuri sedangkan banting tulang sering diartikan sebagai bekerja keras.

Yuk! Simak lebih dalam, apa itu idiom dalam bahasa inggris?

Baca juga : Cara lain bilang "stupid"

Apa Itu Idiom?

"Idiom is a phrase or expression whose meaning can't be understood from the ordinary meanings of the words in it"

Idiom adalah ungkapan yang maknanya tidak dapat dipahami dari makna kata-kata di dalamnya. 

Nah.. maksudnya, idiom ini gak bisa diartikan dengan susunan kata pembentuknya. Contohnya a piece of cake, jika kamu terjemahin ke dalam bahasa Indonesia mungkin artinya adalah sepotong kue berbeda dengan makna yang dimaksud sebenernya, a piece of cake termasuk ke dalam idiom dan ini mempunyai makna gampang atau mudah untuk dilakukan.

5 Idiom Beserta Maknanya

-A lot on my plate
A lot on my plate mempunyai arti memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan atau banyak masalah yang harus dihadapi. Namun jika kamu tidak memiliki kesibukan apapun saat itu, kamu bisa mengatakan "I don't have much on my plate".

-Break the bank
Idiom yang satu ini digunakan ketika kamu mau membeli sesuatu tapi itu terlalu mahal dan kamu tidak bisa menjangkau itu. Kamu juga bisa menggunakan "it won't break the bank" ketika harganya terjangkau dan murah pastinya.

-Make castle in the air
Make castle in the air berarti harapan atau rencana yang sangat kecil kesempatannya untuk terwujud menjadi sebuah kenyataan atau simple nya bisa dibilang "gak mungkin".

-Feel under the weather 
Idiom yang satu ini mempunyai arti bahwa kamu merasa tidak enak badan atau sakit. Biasanya digunakan untuk penyakit yang tidak serius atau normal, bisa dibilang flu.

-Raise the bar
Raise the bar berarti menggapai sesuatu yang diatas standar atau diatas ekspetasi kita terhadap sesuatu. Nah.. ketika itu dibawah standar atau dibawah ekspetasi kita, kita bisa menggunakan "lower the bar" sebagai kebalikan dari si 'raise the bar'. 
 
Nah.. setelah kamu lebih paham kan tentang apa itu idiom. Don't forget to share!! 
Thank you!







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamu Wajib Tau! Ini Lho Perbedaan Penggunaan Hear dan Listen